Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI), FISIP, Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan Kompetisi Vlog Nasional: Aksi Milenial untuk Hidup Berkelanjutan pada hari Rabu, 12 Februari 2020 di Auditorium Grha Mahardika Bujana, Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu respon mahasiswa hubungan internasional terhadap komitmen bersama untuk salah satu masalah global yang

Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti

Pada kesempatan ini, Bapak Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti membuka acara pelatihan ini serta dia mengatakan bahwa Universitas Budi Luhur menyetujui dan menerapkan untuk menetapkan nilai-nilai kebudiluhuran di masyarakat yang salah tentang Lingkungan hidup karena, Universitas Budi Luhur tidak dapat memilih terhadap kegiatan sosial untuk masyarakat. Kedepan, Universitas Budi Luhur akan memiliki visi misi Yang baru sebagai kampus sociotechnopreneurship Yang berwawasan Teknologi Serta memiliki kegiatan Sisi sosial di Lingkungan Hidup.Harapan beliau dari diadakannya kegiatan ini sebagai aksi kecil dari mahasiswa Universitas Budi Luhur yang belum memiliki pemikiran yang sangat besar bagi masyarakat agar konsern terhadap tantangan Lingkungan dan Pelindung Bumi.

Diva Alya Maharani selaku Ketua HIMAHI mengutarakan perlombaan ini membantu menyadarkan generasi milenial akan membutuhkan gaya hidup berkelanjutan, pola konsumsi dan produksi berkelanjutan yang merupakan hal yang paling mendasar untuk perlindungan rumah kaca dan meningkatkan ketahanan terhadap perubahan yang tidak terhindarkan. Generasi milenial adalah generasi yang akan memperbaiki lingkungan di masa depan, maka dengan itu acara ini memanfaatkan elemen masyarakat yang khusus untuk pemuda

Indonesia sendiri menjadi salah satu dari 195 negara yang menyetujui Paris Perjanjian sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan respon global terhadap perubahan iklim. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai tujuan PBB yaitu untuk memperdayakan semua anggota masyarakat untuk terlibat dalam aksi konservasi, melalui pendidikan, pelatihan, kesadaran dan partisipasi masyarakat, dan kerjasama internasional dalam isu-isu ini. Kami meyakini tujuan yang kami harapkan tidak akan disetujui jika tidak melibatkan berbagai sektor masyarakat.

Melalui Kegiatan Vlog Kompetisi  ini diadakan untuk mendapatkan sekitar 70 tim yang terdiri dari berbagai wilayah seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Jabodetabek dan 200 peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Tidak hanya itu, pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya yaitu:

  • Eko Purnomowidi (aktivis Lingkungan Hidup) merupakan oposisi senior dari Koperasi Klasik Beans. Kacang Klasik adalah salah satu kopi yang ramah lingkungan di Indonesia sedangkan Kacang Klasik adalah salah satu yang paling ramah lingkungan. Eko Purnomowidi dianugerahi Change Agent Award pada Rainforest Alliance Tahunan ke-14 Sarapan Kopi Berkelanjutan di Atlanta, Amerika Serikat.
Eko Purnomowidi (kegiatan Lingkungan Hidup) dalam acara Lokakarya Kompetisi Vlog Nasional
  • Wikan Anantabrata adalah Co-Creator dari saluran Frame & Kalimat YouTube. Wikan juga merupakan Co-Owner dari 400 Kaki Narrative Space.
Wikan Anantabrata dalam acara Workshop Kompetisi Vlog Nasional
  • Ratu Vashti Anissa ( Miss Earth Indonesia 2018) mewakili Indonesia dalam Miss Eco International di Mesir tahun 2019 dan berhasil masuk dalam peringkat besar. Kini, Ratu Vashti menjadi generasi milenial yang aktif menyerukan “gaya hidup ramah lingkungan ikut serta memberikan  Lokakarya tentang  kehidupan berkelanjutan.
Ratu Vashti, Miss Earth Indonesia 2018 dalam acara Workshop Kompetisi Vlog Nasional

Pada kompetisi Vlog Tingkat Nasional ini, Francyne Harrigan (Penjabat Direktur UNIC), Wikan Anantabrata (co-pencipta Framesentences), Naya Anindita (Sutradara Film) dan juri yang mendapatkan hasil kemenangan.

Kegiatan ini juga didukung oleh komunitas yang ikut berkontribusi menyediakan klinik pembinaan   , sosialisasi gaya hidup berkelanjutan, dan mengenalkan berbagai produk ramah lingkungan seperti yang diperjuangkan Green Peace, WWF Indonesia, Yayasan Greeneration, Segara Naturals, WRI Indonesia, Madani Berkelanjutan, Sendalu Permaculture, Akademi Kompos, Demi Bumi, I Love Energi Surya, Bank Sampah Budi Luhur, dan Agromedia Pustaka.

Komunitas yang ikut serta dalam acara Kompetisi Vlog Nasional

PADA 20 Februari 2020, Acara Nasional Vlog Kompetisi: Seribu actiom untuk Hidup Ramah Lingkungan Ditutup DENGAN Acara Malam Puncak ” Pemberian Nigh t” Dimana para Peserta, community, narasumber Dan Juri, Serta Tamu undangan diundang untuk review menyaksikan Penyerahan Hadiah ditunjukan kepada para Pemenang Kompetisi Dan Hiburan.

Pemberian Malam Kompetisi Vlog Nasional

Pada kesempatan ini, Bapak Wendi Usino selaku Rektor Universitas Budi Luhur mengatakan bahwa perlombaan ini  membantu menyadarkan generasi  milenium  akan mendukung  gaya hidup berkelanjutan, pola konsumsi dan produksi berkelanjutan. Merupakan hal mendasar untuk mengurangi emisi kaca dan meningkatkan ketahanan terhadap emisi yang tidak terhindarkan.

Bapak Wendi Usino, Rektor Universitas Budi Luhur dalam Awarding Night

Selain itu beliau mengatakan acara ini bertujuan untuk membangun generasi muda agar sadar dan peduli terhadap permasalahan lingkungan saat ini. Melalui kompetisi vlog ini menjawab tantangan permasalahan lingkungan bersama generasi muda. Beliau berharap dari kompetisi ini sebagai sebuah aksi dengan berbentuk dokumentasi agar dapat digunakan oleh masyarakat luas untuk meningkatkan awareness lingkungan di masyarakat.

Pembacaan hasil dan pemenang dalam lomba ini dilaksanakan oleh Naya Anindita (Sutradara Film) selaku juri dalam acara National VLog Competition kategori SMA/K sederajat, selain itu pembacaan juara kategori umum pun dibacakan oleh Wikan Anantabrata (Co-Creator dari saluran YouTube Frame & Sentences) selaku juri National Vlog Competition kategori umum.

Berikut pemenang kegiatan National Vlog Competition untuk kategori SMA/K Sederajat yaitu:

Juara I : MAN 1 Yogyakarta

Juara II : SMAIT AT-Taufiq

Juara III : SMAN 1 Anyer

Juara Favorit : MAN 1 Yogyakarta

Juara Pemenang Kategori SMA/K Sederajat dalam lomba National VLog Competition

Untuk kategori Umum yaitu:

Juara 1: MANGKUBUMI

Juara 2: Universitas Mercu Buana

Juara 3: Universitas Brawijaya

Juara Favorit: Beasiswa Nusantara Universitas Budi Luhur

Juara Pemenang Kategori Umum dalam lomba National VLog Competition

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *