Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah inisiatif dimana mahasiswa secara lintas disiplin dan lintas industri memberikan kontribusi kepada masyarakat di berbagai lokasi di Indonesia. Tujuan dari program KKN adalah untuk memungkinkan mahasiswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh di perguruan tinggi sehingga dapat memberikan manfaat yang konkret kepada masyarakat.

Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata di Universitas Budi Luhur merupakan bagian dari mata kuliah ekstrakurikuler yang diwajibkan. Melalui Kelompok KKN 01 yang beranggotakan 9 orang di Wilayah RW 04 Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kami mengimplementasikan “Optimalisasi Pemberdayaan Kualitas Masyarakat Melalui Literasi Ekonomi dan Pendidikan”. Disini kami dibantu oleh Karang Taruna dari Wilayah RW 04 Kelurahan Ulujami, Jakarta Selatan.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini diawali dengan Pembukaan KKN yang bersamaan dengan Lomba Debat yang diadakan oleh Karang Taruna Wilayah RW 04 Kelurahan Ulujami. Dalam pembukaan KKN ini kami memperkenalkan kelompok kami serta Dosen Pembimbing, Bapak Syahrul Awal. Dan juga memperkenalkan tugas dan maksud tujuan kami memilih Wilayah RW 04 Kelurahan Ulujami sebagai tempat kelompok KKN kami.

Kegiatan selanjutnya yaitu, “Pelatihan Public Speaking dan Bahasa Asing” untuk kalangan anak-anak remaja. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu ke-2 dan ke-3 bulan Agustus 2023. Mahasiswa kelompok 01 turut memberikan pengarahan dan pengajaran kepada anak-anak melalui pelatihan penulisan dan pembacaan. Hal ini dilakukan agar remaja bisa mengatasi rasa takut berbicara di depan banyak orang dan meningkatkan keyakinan diri dalam berkomunikasi, perlu diberikan dukungan untuk mengatasi kecemasan berbicara di hadapan audiens serta memperkuat rasa percaya diri dalam berkomunikasi.

Lalu kegiatan di Minggu ke-3 dan ke-4 kami mengadakan Seminar yang berjudul “Menemukan Makna Diri: Mengembangkan Karakter Identitas pada Masa Remaja” dan Perlombaan Public Speaking. Dalam seminar tersebut, kami mengundang Ibu Saskia Lydiani, S.Pd., M.Si sebagai pembicara mengenai topik tersebut. Tujuan dari seminar itu adalah untuk membangun karakter diri sendiri sejak remaja yang dimana itu merupakan hal penting bagi mereka. Lalu kami mengadakan lomba Public Speaking untuk mendorong kreativitas dan kepercayaan diri bagi remaja di Wilayah RW 04 Ulujami untuk dapat berbicara di depan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *