2aPengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu Tridharma yang dilakukan oleh Dosen di perguruan tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan PKM ini wajib dilakukan setiap semester sebagai bentuk tanggung jawab sosial Dosen untuk mempraktikkan mata kuliah yang diajarkan di kampus.

Pada semester Gasal 2015/2016 Tim Dosen Prodi Hubungan Internasional melakukan kegiatan PKM dengan tema “Sosialisasi Sustainable Development Goals dalam Konservasi Lingkungan Hidup di Yayasan Bhakti Luhur” yang dilaksanakan pada 22 dan 27 Januari 2016. Pemilihan tema ini dikaitkan dengan telah berakhirnya Program Millenium Development Goals (MDGs) pada 2015 dan dilanjutkan dengan Program baru yaitu Sustainable Development Goals (SDGs).

Indonesia sebagai negara berkembang memiliki tanggung jawab untuk mensukseskan program ini melalui sosialisasi sebagai langkah awal. Langkah sosialisasi ini dirasa tepat karena program tersebut baru dicanangkan awal 2016 dan menyasar generasi muda sebagai penerus dan pelestari lingkungan hidup. Tim Pelaksana PKM yang diketuai oleh Denada Faraswacyen L. Gaol, M.Si melibatkan beberapa mahasiswa FISIP, FTI, dan FIKOM Universitas Budi Luhur.

Kegiatan PKM dilaksanakan di Sekolah Khusus Bhakti Luhur Ciputat. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan formal yang mendidik anak-anak berkebutuhan khusus atau memiliki keterbatasan secara fisik dan mental. Tim pelaksana melihat bahwa anak-anak berkebutuhan khusus sebagai generasi penerus juga berhak memperoleh informasi dan ikut serta dalam program konservasi lingkungan hidup untuk menumbuhkan  rasa cinta dan peduli lingkungan hidup.

1Dalam melaksanakan kegiatan PKM ini, Tim Dosen didukung oleh Paguyuban Budiasi Sentul sebagai penyedia bibit tanaman buah dan tanaman keras seperti: sirsak, nangka, belimbing wuluh, ketapang laut, sengon afrika, eboni, buni, sempur, merbau, dan trembesi. Kegiatan PKM dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh para anak didik dari tingkat SD, SMP, dan SMA di Yayasan Bhakti Luhur. Tim Pelaksana PKM FISIP Universitas Budi Luhur dan Yayasan Bhakti Luhur menuangkan kerja sama ini dalam bentuk tertulis berupa Perjanjian Kerja Sama yang berlaku selama 2 semester, dan akan dilanjutkan pada bulan April 2016 mendatang dengan tujuan agar lebih efektif dalam memberikan pemahaman dan praktik konservasi lingkungan hidup bagi para peserta didik.

Berita Terkait:

http://www.indonesianstudy.com/2016/03/dosen-ubl-mengabdi-masyarakat.html

http://suaraterkini.com/tag/pkm-ubl/

http://indopos.co.id/home/jakartaraya/dosen-wajib-lakukan-kegiatan-pkm

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *