Dr. Yusran (Dosen Prodi Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Budi Luhur) sekaligus Ketua Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) sebagai penggagas kegiatan pertemuan Nasional AIHII. Pertemuan ini pertamakalinya dilakukan, bertempat di Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua (9/8/2018).

Kegiatan ini diikuti para dosen ilmu Hubungan Internasional (HI) yang merupakan perwakilan dari delapan zona wilayah Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII). Delapan wilayah itu meliputi Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali-Lombok, serta Sulawesi-Kalimantan-Papua.

Ketua AIHII Yusran, saat ditemui, Jumat (10/8/2018) sore, mengatakan, kegiatan di Jayapura merupakan pertemuan sela sebelum pelaksanaan Konvensi Nasional AIHII tahun ini di Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kepulauan Riau, pada Oktober. “Kegiatan ini penting untuk menjaring tema-tema terkait masalah maritim internasional yang akan dibahas dalam konvensi nanti,” kata Yusran.

Ia pun menuturkan, AIHII juga membuka kesempatan untuk membahas sejumlah masalah di Papua terkait hak asasi manusia dan sumber daya alam dalam konvensi yang mengemuka di publik internasional.

Pemberitaan lengkapnya dapat diakses di https://kompas.id/…/asosiasi-ilmu-hi-indonesia-gelar-perte…/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *