Pekan ke-1 pada bulan Desember Program Studi Hubungan Internasional telah menyelenggarakan sebuah kegiatan seminar diseminasi hasil penelitian dalam judul: ”Strategi dalam Mengotimalkan Implementasi Indonesia – European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-FEFTA CEPA).” Seminar ini diwajibkan bagi mahasiswa/i Prodi Hubungan Internasional angkatan 2017 yang mendapatkan mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah dan Ekonomi Politik Internasional semester gasal 2018/2019. Seminar ini juga turut dihadiri oleh mahasiswa/i angkatan 2016, angkatan 2018 gasal 2018/2019 dan mahasiswa/i dari Prodi Kriminologi Universitas Budi luhur, dan juga turut mengundang siswa/i SMA/SMK sederajat dari beberapa sekolah di wilayah Tangerang dan Jakarta.

Seminar diseminasi ini telah dilangsungkan pada Senin, 3 Desember 2018 yang dimulai pada pukul 08.20 WIB di ruang Teater Universitas Budi Luhur dengan pembicara pertama yaitu, Duta besar Soemadi D.M. Brotodiningrat selaku Ketua Tim Perunding I-EFTA CEPA. Pembicara kedua yaitu, Dr. Windratmo Suwarno selaku Kepala Bidang keja sama Antarkawasan  dan Interkawasan dan pembicara terakhir yaitu, Bpk Yusran, M.Si selaku Ketua Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia dan selaku dosen Prodi Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur.

Pada sesi ini para pembicara telah memberikan penjelasan bagaimana I-EFTA CEPA di dalam proses ratifikasi kesepakatan, I-EFTA CEPA berupaya memperjuangkan kemajuan dalam hal pembahasan teks perundingan maupun akses pasar di bidang barang, jasa, dan investasi. Selain itu, ketiga pembicara pada kegiatan seminar diseminasi ini juga mempaparkan mengenai strategi I-EFTA CEPA dalam meningkatkan daya saing Indonesia di Eropa dan bahkan di pasar global.

Masing-masing sesi pada seminar diseminasi ini memliki dua sub sesi kegiatan. Sub sesi pertama adalah penyampain materi, dan sub sesi kedua adalah diskusi interaktif para peserta yang hadir dalam seminar diseminasi tersebut.

Diharapkan, dengan terselenggaranya seminar diseminasi ini, peserta dapat membentuk pola pikir untuk lebih bersama-sama memperjuangkan kerjasama serta berkontribusi dalam mengimplementasikan Indonesia – European Free Trade Association Comprrhensive Economic Partnership Agreement (I-FEFTA CEPA).

Tepat pada pukul 12.30 WIB, seminar diseminasi berakhir. Sebelum acara berakhir, panitia memberikan piagam perhargaan dan kenang kenangan kepada pembicara, sebagai ungkapan terima kasih atas suksesnya seminar diseminasi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *