Simulasi WTO Ministerial Conference (WTO MC) 2019 merupakan yang pertama kali dilaksanakan dlm mata kuliah Politik Bisnis Internasional yg diampu oleh Tulus Yuniasih, M.Soc.Sc.

WTO MC merupakan badan pembuatan keputusan tertinggi di WTO. Oleh karena itu, penyelenggaraan simulasi perundingan tingkat menteri ini memberikan pengalaman praktik bagi mahasiswa/i mata kuliah Politik Bisnis Internasional mengenai bagaimana posisi negara-negara partisipan, yang berbeda dalam hal keunggulan serta kepentingan antara satu dengan yang lainnya, dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam perdagangan internasional.

Simulasi ini juga diawali dengan penyelenggaraan praktik analisis pasar internasional, serta simulasi negosiasi bilateral dan multilateral. Praktik analisis pasar dan simulasi negosiasi dilakukan dengan melibatkan berbagai isu dalam hubungan internasional. Pelaksanaan praktik dan simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran bagi para peserta kelas mengenai kompleksitas situasi para negara partisipan ketika datang menghadiri WTO MC, serta sebagai latihan awal praktik negosiasi bagi para peserta kelas sebelum menjalankan perannya sebagai negara partisipan dalam WTO MC.

Pelaksanaan simulasi secara bertahap diharapkan memberikan kedalaman pemahaman dan keterampilan aplikasi kemampuan analisis, public speaking, dan negosiasi.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *